Mimaki Buka Kantor di Indonesia

Mimaki Indonesia Buka Kantor di Jakarta

Targetkan Kuasai 50% Pasar Digital Printing

Setelah bertahun-tahun ‘bergentayangan’ tanpa ada tuannya, kini Mimaki benar-benar hadir di Indonesia. Melalui PT Mimaki Indonesia, perusahaan asal Jepang itu akan serius menggarap pasar dalam negeri. Mimaki sudah siap berkompetisi dengan brand-brand lain yang yang sudah mapan di Indonesia.

Sebelumnya, sejak tahun 2001  produk Mimaki yang dijual ke Indonesia berasal dari Singapura. Menurut  Presiden Direktur Mimaki Indonesia, Junichi Yoroisaka, awalnya penjualannya bagus. Sayangnya, brand yang sudah mulai terbentuk  itu tidak dibarengi dengan palayanan purna jual yang bagus. “Saat itu kita banyak masalah dengan service dan maintenance,” ujar Junichi Yorisaka. Akibatnya pasarpun kembali turun.

Tahun 2009, Mimaki kembali masuk ke pasar Indonesia melalui dealer PT DVT. Sejak saat itu nama Mimaki mulai dikenal lagi. Tahun 2011 ada satu lagi dealer yang memasarkan produk-produk Mimaki, yaitu Print-Mate Indonesia. Nama Mimaki pun semakin bergaung di industri printing Indonesia. Saat itu produk yang yang mereka jual kebanyakan printer berukuran 1 – 250m.  salah satunya adalah Mimaki  seri seri CJV30.   Printer ini ditujukan untuk  mencetak aplikasi sign and graphics, induatrial product dan textile apparel. Selain itu menawarkan  ‘speed’ and ‘brilliance’ print and cut dengan kualitas tinggi.

Melihat perkembangan yang cukup singifikan, akhirnya di tahun 2012 ini Mimaki mantap membuka cabangnya di Indonesia.  Mimaki tentu sudah punya pertimbangan mantap ketika masuk ke pasar Indonesia.
“Perekonomian Indonesia merupakan salah satu yang kuat di dunia. Ketika banyak negara lain pertumbuhan ekonominya turun, Indonesia terus tumbuh positif. Jadi kita optimis Indonesia akan semakin maju,” ujar Junichi lagi ketika ditanya mengenai alasan masuknya ke pasar Indonesia.

Saat ini Mimaki sudah menyiapkan produk-produk andalannya. Namun menurut Junichi, Mimaki akan fokus pasar mesin 3,2 m.  Salah satu produknya adalah Mimaki seri SWJ-320 S2/S4.  Mimaki juga akan menggarap pasar digital textile printing, dan sudah menyiapkan produknya. Pangsa ini diyakini Mimaki akan tumbuh sangat pesat. Selain itu Mimaki juga membawa produk terbarunya, yaitu Mimaki seri JV400 dengan teknologi latex plus tinta putih. Menurutnya, produk ini adalah yang pertama di Indonesia.
Sakin optimisnya dengan pasar Indonesia, Mimaki pun cukup cukup ambisius mematok target. “Di Tahun 2012 ini target kami bisa menguasai 50% pangsa pasar Indonesia,” tambah Junichi.

Latex Printer Mimaki