Mal Taman Anggrek Resmikan The World Largest LED Illuminated Façade

Jakarta sebagai kota metropolitan rasanya semakin lengkap dengan kehadiran layar LED raksasa di Mal Taman Anggek. Kehadiran teknologi ini telah menyejajarkan Jakarta dengan kota-kota besar dunia lainnya.

Yang lebih membanggakan lagi, layar LED (LED Screen) yang membungkus eksterior gedung (façade) Mal yang terletak dibilangan Jakarta Barat ini  ternyata merupakan yang terbesar di dunia.  Guinness  World  Records, telah mencatatnya sebagai The World Largest LED Illuminated Façade.

Ingin tahu mengapa LED Screen tersebut dicatat  Guinness  World  Records sebagai yang terbesar? Berikut fakta-faktanya:

LED Facade tersebut mempunyai  luas  8.675,3m2 yang memanjang mengikuti lekuk gedung.  Panjangnya  353,4 meter dan tinggi 25 meter. Giant LED screen ini  terdiri dari 28.152 modul rangkaian lampu LED yang jika dijajar panjangnya akan mencapai 70,38 kilometer.

Sebagaimana layar TV  atau komputer, layar  LED ini juga bisa menampilkan gambar bergerak animasi  atau video. Jangan heran kalau anda –suatu saat mungkin- diajak nonton bareng pertandingan sepakbola oleh Mal Taman Anggrek. Yang lebih asik lagi, anda juga bisa berinteraksi dengan layar ini. Coba saja, kalau pas lewat di depan mal tersebut, tanyakan sesuatu dengan #askTAMI lewat  twitter. Langsung akan munculk pada layar LED raksasa tersebut.

Ada dua bagian dari layar LED ini yang mempunyai resolusi tinggi tinggi  berukuran 42.5mm x 42.5mm pixel pitch yang mulai beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 12 malam. Di layar inilah gambar video bisa dinikmati dengan jelas.  Sementara layar dengan resolusi rendah dengan ukuran 166mm x 166mm pixel pitch beroperasi pada pukul 6 sore hingga 12 malam

“Tujuan membangun LED Façade adalah untuk memberi nilai tambah berbeda dengan gedung-gedung besar lainnya yang menghias langit Jakarta. Jelas ini bukan sekedar renovasi biasa yang dapat memberikan  sentuhan  modern  pada  gedung  Mal  Taman  Anggrek  yang  sudah  dipelihara  dengan  baik selama lebih dari 15 tahun. Secara konsep, LED Façade dapat menjadi alternatif media promosi luar ruang untuk berbagai produk dan merek, yang tak hanya efektif tapi juga menarik, ” jelas Marcella M Tjandra, Asisten General Manager Mal Taman Anggrek pada acara peresmian LED Screen tersebut di Jakarta (2/8/2012).