HP Tidak Ikut Pada Pameran IPEX 2014

Ada langkah mengejutkan dari HP. Vendor digital printing terbesar ini dipastikan tidak akan ikut ambil bagian pada  Pameran IPEX 2014. Keputusan HP ini tepat sebulan setelah diumumkannya penurunan pendapatan dan rencana PHK 27.000 karyawannya secara global dalam dua tahun mendatang.

Market development director of HP EMEA’s graphic solutions business, Ronen Zioni,  mengatakan keputusan ini murni karena terkait dengan masalah strategi perusahaan, bukan karena masalah anggaran.

“Tentu saja  selalu berkaitan dengan pengembalian investasi (return on investment/ROI). Ini merupakan keputusan besar dan tidak mudah bagi kami, tetapi ini lebih karena kita ingin lebih memfokuskan sumberdaya kita  secara regional, ingin membangun hubungan dengan pelanggan dan pengembangan bisnis,” tambah Zioni.

Namun demikian, dia mengungkapkan, HP pasti akan berpartisipasi pada Drupa 2016, yang dia gambarkan sebagai pagelaran yang unik sebagaimana Fespa 2013 di London. HP juga akan tetap mendukung event Dscoop EMEA pada bulan Novemver di Barcelona.

Sementara Informa print group and event director, Trevor Crawford  mengungkapkan kekecewaanya. “Tentu  saja saya kecewa. Meskippun say atidak terlalu terkejut, karena sebelumnya sudah mendengar rencana dari HP tersebut,” ungkapnya .

Namun demikian Crawford berharap HP akan mengubah keputusannya tersebut, karena waktu pameran juga masih cukup lama, yaitu dua tahun lagi. Dia juga menggarisbawahi kalau perhelatan yang menyediakan tempaat sekitar 100.000 m2 ini sudah terjual 70%-nya. Vendor besar seperti Canon, EFI, Heidelberg danLanda sudah memastikan untuk ikut.

Sebagai gambaran, pada ajang Drupa 2012 kemarin, HP menempati area seluas 5000 m2 dan memamerkan lebih dari 50 produknya. Pada IPEX 2010, HP merupakan peserta terbesar dengan menempati area seluas 3000 m2. Tentu saja kepususan ini merupakan pukulan telak bagi IPEX.