Designjet L26500, Printer Latex Terbaru HP

Setelah sukses dengan seri latex Designjet L25500, Hp mengeluarkan lagi dua  seri latex terbaru digital printier Designjet L26500 dan L28500. Tetapi saat ini kita hanya akan melihat sekilas  dari seri yang lebi kecil,  yaitu Designjet L26500.

Dibandingkan dengan pendahulunya, Seri L26500 pastinya lebih powerful.  Printer baru ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang tadinya hanyalah optional di printer L25500. Salah satunya adalah kemampuannya untuk mencetak aplikasi soft signage. Kemudian dari segi ukuran, Designjet  terbaru ini lebih lebar. Kalau L25500 mempunyai lebar 41 inc, L26500 berukuran 61 inc (1.55 cm). Penambahan ukuran ini tentunya berpengaruh sangat signifikan, khususnya pada pencetakan kain (digital textile printing).

Dari segi ‘tongkrongan’, ada beberapa hal yang cukup jelas perbedaanya dibadinkan seri yang lama.  Salah satu yang paling mencolok adalah tambahan roller  pada bagian terbawah, ini  akan menjaga bahan supaya tetap stabil ketika proses cetak berlangsung.

Satu lagi, printer ini juga dilengkapi dengan kemampunan mencetak dua sisi (double-sided printing) plus tinta HP versi terbaru, HP 792 yang sudah mendapatkan sertifikat ramah lingkungan dari Japan Environmet  Association.

The Designjet L26500 merupakan mesin yang kokoh dengan desain yang  modern. Selain itu, mesin ini bisa bekerja dengan tinta 6 warna dengan maksimum resolusi 1200 dpi. Mesin ini diciptakan dengan sangat user friendly dan bisa mencetak pada bahan-bahan tanpa coating dan bahan-bahan yang kompatibel sesuai dengan yang digariskan HP.

Tetapi ada yang spesial dari mesin ini, yaitu, kemampuannya untuk mencetak aplikasi soft signage. Tidak hanya itu, kemampuan mesin ini juga bisa diperluas aplikasinya untuk dekorasi interior dan aplikasi lainnya  terutama yang membutuhkan bahan-bahanyang ringan,misalnya untuk aplikasi stand pameran atau banner.

Pendeknya, klaim HP, printer ini sangat serbaguna. Banyak sekali aplikasi yang bisa diproduksi dengan mesin ini. Printer ini sangat cocok untuk aplikasi grafis pada kendaraan (vehicle wrap) atau aplikasi eketerior lainnya. Satu lagi kelebihan dari teknologi cetak latex ini adalah kita bisa langsung melaminasinya tanpa kuatir adanya  gelembung. Tentunya ini akan mempercepat proses finishing.

Printer ini di targetkan bagi penyedia jasa cetak (printservice provider / PSP) digital printing  yang mengutamakan kualitas dengan tanpa mencemari lingkungan. Sebagai infomasi, tinta latex  yang digunakan mesin ini memang  ramah lingkungan, tidak mengeluarkan bau dan tidak beracun. Namun kualitas hasil cetaknya tidak kalah dengan teknologi solvent.  Mesin ini juga cocok bagi para arsitek dan desainer yang ingin mencetak konsep  karyanya pada berbagai media yang berbeda.   Dan yang terakhir tentu saja bagi PSP yang menyasar aplikasi graphics  art dan  soft signage.

Sayangnya, belum ada tinta putih (white ink) pada printer ini. Juga tidak ada fitur potong langsung dalam satu mesin (print and cut), sehingga, menurut sebagian orang, printer ini menjadi kurang praktis.