Inspirasi Untuk Branding Selama Musim Liburan

gambar dari google

Pemasaran yang dilakukan pada saat liburan dapat menjaga brand kamu tetap berada di hati dan pikiran pelanggan. Selain itu pemasaran itu bahkan bisa membuatmu mendapatkan pelanggan baru.
Untuk itu, tips tentang cara untuk menjaga brand kamu tetap bersinar di musim liburan :

1. Berpikir Kreatif Melakukan Iklan

Kata siapa hari liburan dan iklan tidak ada hubungannya ? Justru sangat erat. Momen liburan dimanfaatkan oleh banyak perusahaan untuk berpromosi semenarik mungkin untuk menarik perhatian pelanggan.
Coba untuk kreatif ketika merancang iklan khusus dengan tema liburan tertentu. Hal ini akan menciptakan brand awareness di mata pelanggan Anda. Ingat, pesaing merek Anda sangat banyak di luar sana, sehingga Anda harus memutar otak untuk menghasilkan promosi iklan yang menarik.
Sesuaikan desain iklan dengan tema liburan. Contoh yang bisa Anda lihat adalah pada kemasan kopi Starbucks. Mereka memiliki desain khusus setiap ada momen liburan atau event tertentu seperti Natal, Lebaran dan sebagainya. Starbucks membuat desain gelas atau kartu pelanggan bernuansa merah dan putih untuk natal dan nuansa hijau saat Lebaran.

Selain meningkatkan brain awareness, cara ini juga terbukti ampuh dalam meningkatkan penjualan saat musim liburan.

 

2. Buat Kemasan Khusus Liburan

Jika produk bisnis Anda tdak memungkinkan untuk dikombinasikan dengan tema liburan, maka akali dengan mengubah bagian kemasan.
Misalnya Anda menjual kosmetik, desain kemasan dengan menggunakan tema liburan tertentu yang sedang terjadi tanpa harus mengubah desain wadah kosmetik itu sendiri. Cara ini efektif untuk membangun hubungan emosional dengan pelanggan.
Selain itu, umumnya pelanggan lebih menyukai sebuah desain kemasan yang menarik dengan tema tertentu dan akan menyimpannya.
Sebagai contoh adalah desain kemasan edisi natal dari Panera Bread. Mereka membuat kemasan khusus Natal dengan gambar-gambar ornamen natal. Panera Bread juga menyesuaikan warna kemasan mereka dengan nuansa Natal yaitu merah dan hijau.

 

3. Sesuaikan Nuansa Warna Iklan Dengan Tema Liburan

Penelitian mengatakan bahwa warna mempengaruhi manusia dalam berbuat sesuatu. Kemudian pakar periklanan memanfaatkan hal ini dalam upaya beriklan.
Nuansa Natal adalah merah, hijau dan juga putih yang melambangkan salju. Banyak brand yang menggunakan ketiga warna tersebut dalam kampanye produk mereka.
Misalnya saja merek jam Carter yang memajang produk mereka di sebuah alas yang menyerupai salju dan dengan latar belakang pohon natal yang tertutupi salju. Warna putih tersebut cocok dengan warna silver pada jam tangan Carter.

 

4. Buat Produk Khusus Tema Liburan

Jika memungkinkan, buat produk khusus tema liburan pilihan Anda. Misalnya kalau Anda menjual baju atau kaus buatan sendiri, coba untuk produksi baju dengan desain yang sesuai dengan tema liburan.

 

Baca Juga :

Memperbaiki Pemotong (Cutter) yang Macet

Mengubah Hobi Menjadi Bisnis

Guerilla Marketing

Inspirasi Desain Poster Lingkungan