Cara Menggunakan Stiker Untuk Pemasaran yang Lebih Efektif

gambar dari google

Stiker mungkin memang media promosi yang sangat sederhana, tapi terlepas dari itu stiker bukan hanya berfungsi sebagai dekorasi atau hiasan saja. Faktanya, stiker cukup populer bagi konsumen dari segala macam usia dan sangat efektif untuk memperluas jangkauan pasar.
Berikut beberapa ide dengan memanfaatkan stiker sebagai media untuk meningkatkan identitas brand secara efektif :

 

1. Tentukan Target Pasar

Buat kampanye promosi yang sudah disesuaikan dengan target konsumen. Sama seperti strategi pemasaran lainnya, mulailah dengan riset dan perencanaan yang matang untuk promosi menggunakan stiker.
Apa yang disukai oleh konsumen ?
Seperti apakah selera dan ekspektasi konsumen ?
Image seperti apa yang ingin Anda buat ?
Konsumen seperti apa yang ingin Anda dapatkan ?
Bagaimana cara Anda meningkatkan rasa penasaran dan membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen ?
Jawablah semua pertanyaan tersebut sebagai persiapan dasar Anda sebelum mulai memasarkan produk.

 

2. Manfaatkan Cetak Stiker Custom

Salah satu keuntungan menggunakan stiker untuk media pemasaran adalah bisa di implementasikan sesuai kebutuhan/tujuan Anda.
Selain itu, mencari percetakan untuk membuat stiker custom dapat dengan mudah ditemukan di kota besar seperti Jakarta. Dengan biaya yang terjangkau Anda dapat mencetak stiker sesuai dengan kebutuhan.
Sebaiknya Anda memesan stiker dalam jumlah banyak, agar ongkos cetak jadi lebih rendah. Kebanyakan percetakan menawarkan diskon spesial untuk pencetakan dalam jumlah besar. Jadi semakin banyak yang dicetak semakin berkurang juga harga cetak per stikernya.

 

3. Tetap Kreatif dan Inovatif

Selain menyesuaikan desain stiker dengan strategi pemasaran dan kebutuhan konsumen, Anda juga harus inovatif. Perlu diingat bahwa pasar kini telah dipenuhi oleh banyak pemain, artinya semakin banyak saingan. Buat stiker Anda berbeda dengan yang lain, berikan kesan tersendiri yang membuat brand Anda lain dari pada yang lain.

 

4. Distribusikan Dengan Menarik

Stiker dapat dengan mudah disebarluaskan seperti brosur atau pamflet, namun Anda dapat berbuat lebih dengan stiker. Buat promosi dengan stiker terkesan seru dan menyenangkan, tetap ringan dan mampu menyampaikan pesan.
Untuk memberikan hasil yang efektif pada promosi, pilih dengan seksama desain stiker yang digunakan beserta lokasi penempatannya.
Faktanya, posisi menempatkan stiker sama pentingnya dengan pemilihan desain. Spot yang dipilih harus cukup mudah dijangkau oleh mata orang sehingga tidak mudah terlewatkan.

 

5. Bumper Sticker dan Semacamnya

Salah satu pilihan yang pantas dicoba untuk mendapatkan banyak ekspose adalah dengan bumper sticker. Saat ini, fungsi stiker mobil sudah meluas. Penempatan stiker pun sekarang tidak hanya melulu pada bagian bemper saja, tapi juga pada kaca jendela ataupun pintu.
Apapun jenis bisnis yang dijalani, teknik pemasaran dengan menggunakan stiker patut dicoba. Baik sebagai media pemasaran tunggal ataupun sebagai pendukung strategi pemasaran utama yang sudah berjalan. Kebutuhan utama untuk membangun strategi pemasaran yang efektif dengan stiker adalah dengan membuat ide sendiri dengan orisinilitas dan menyesuaikan dengan media yang dibutuhkan oleh Anda maupun konsumen.

 

Baca Juga :

Contoh Desain Sepatu Lukis yang Lucu dan Keren

Desain Stiker yang Unik dan Kreatif Untuk Mobil Anda

Cara Membuat Stiker Brand Untuk Bisnis Online