Bahan yang Digunakan Dalam Membuat Stiker

Gambar dari google

Stiker merupakan lembaran kertas atau plastik dengan berbagai macam bentuk, ukuran, dan warna yang disalah satu sisinya terdapat perekat. Stiker dapat ditempelkan pada suatu tempat atau benda yang kita inginkan. Tak hanya itu, bahan membuat stiker pun berbeda.
Ada banyak jenis stiker yang digunakan untuk bermacam-macam tujuan. Misalnya, stiker pada buah-buahan, stiker pada laptop agar terlihat lebih keren, stiker racing pada motor sebagai identitas pembalap, atau stiker pada mobil yang sedang tren digunakan sebagai bahan modifikasi.
Sementara itu, stiker tentu memiliki kualitas dan bahan yang berbeda. Setidaknya ada tiga jenis bahan membuat stiker yang umum digunakan. Apa saja? Berikut ulasannya.

 

1. Stiker Vinyl

contoh stiker chromo terbuat dari bahan Vinyl

Stiker vinyl adalah stiker yang terbuat dari bahan sejenis plastik, tahan terhadap air dan tidak mudah sobek. Jenis stiker ini cocok untuk ditempelkan pada area outdoor atau di luar ruangan karena daya tahan yang baik pada cuaca membuatnya tidak mudah pudar. Maka tak heran kalau bahan membuat stiker vinyl lebih tinggi dari stiker dengan bahan lainnya.

 

2. Stiker Chromo

contoh stiker chromo terbuat dari bahan kertas licin

Stiker Chromo adalah sebuah stiker dari bahan kertas licin/glossy yang memang cocok untuk dicetak dengan berbagai macam warna dan gambar yang lucu dan keren. Biasanya stiker chromo digunakan pada label botol, promosi produk, bahkan kampanye pemilu.
Harga cetak stiker chromo lumayan lebih murah. Tapi stiker jenis ini mudah memudar dan rusak bila terkena air. Sebaiknya digunakan pada benda-benda yang disimpan di dalam ruangan saja.

 

3. Stiker HVS

 

Jenis stiker hvs

Stiker HVS merupakan bahan membuat stiker yang memiliki ukuran kertas HVS dan banyak dijumpai di toko buku. Pembuatannya bisa menggunakan printer tinta biasa dan harga cetak cukup murah, proses desainnya pun mudah. Kelemahan dari stiker jenis ini mudah rusak jika terkena air, daya rekat yang kurang kuat dan mudah pudar.
Itulah informasi mengenai tiga jenis bahan yang sering digunakan untuk pembuatan stiker. Kamu bebas memilih ingin memiliki stiker dengan jenis kertas apa. Sesuaikan jenis bahan dengan keperluan yang kamu butuhkan.
Kami sarankan memilih menggunakan bahan vinyl berkualitas pada seluruh produk stiker. Bahan ini memungkinkan stikermu tahan lama karena tidak mudah sobek atau rusak jika terkena air.

 

Baca Juga :

Biaya Membuat Logo

Cara Kratif Gunakan Stiker Untuk Iklan

Cara Melepaskan Stiker dari Kaca Mobil