Bagaimana Memilih Wide Format Inkjet Printer

Printer inkjet format lebar (Wide Format Inkjet Printer ) memungkinakan penggunanya mencetak dengan bahan yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran standar. Mesin ini juga bisa dengan mudah mencetak gambar dengan warna yang vivid, garis (bahkan yang sangat titips) yang sangat jelas dan detil lainnya – yang seringkali tidak bisa dilakukan oleh mesin cetak tradisional.

Mesin jenis ini cukup banyak ragamnya, dari model yang kecil, murah hingga model yang besar,mahal dengan berbagai fitur dan kemampuan. Beberapa diantara kemampuan mesin ini antara lain, kemampuan mencetak full color, mencetak apliaksi signage, poster, banner, CAD drawing dan GIS map.

Ketika memilih printer inkjet jenis wide format ini, yang  paling penting diperhatikan adalah tujuan dan kebutuhannya seperti apa. Dari sini bisa lihat mesin seperti apa yang  paling cocok buat bisnis anda. Oce, yang merupakan Grup Canon memberikan beberapa tips bagaimana memilih mesin yang tepat bagi anda.

Ada tiga teknologi utama yang digunakan pada Inkjet Printers Wide format.

  1. Aqueous: printer dengan teknologi ini mengggunakan tinta water based (berbahan dasar air). Kualitas cetaknya sangat baik, andal dan  cepat. Printer ini cocok untuk mencetak aplikasi indoor, seperti signage, displai backlit dan fotografi.
  2. Solvent:  Printer ini menggunakan tinta  solvent. Hasil cetak dari teknologi ini sangat  tahan terhadap air dan tahan lama. Biasanya digunakan untuk aplikasi outdoor, billboard, banner dan lainnya.
  3. U/V: printer ini menggunakan tinta UV. Tinta ini akan mengering ketika terpapar sinar UV. Hasil cetak daari mesin ini tahan air, warnanya sngat vibrant dan bisa mencetak dengan efek emboss. Media cetaknya lebih beragam dibandingkan dengan kedua teknologi di atas. Misalnya bisa mencetak di atas plastik, kayu, logam, karet dan bahan rigid lainnya.

Beberapa Pertimbangan Penting

Selain ada banyak jenis printer yang tersedia di pasaran, hal lain yang menentukan printer mana yang pailng cocok dengan bisnis anda adala workflow dan hasil hasil akhir seperti apa yang akan anda inginkan.  Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan :

  • Wide format inkjet printer mempunyai ukuran maksimum yang lebih lebar dibandingkan dengan printer standar.  Lebarny antara 14 – 60 inchi (0.3 – 1.5 m) dengan panjang yang  tidak terbatas. Untuk cetak CAD drawing biasanya menggunakan mesin yang ukurannya 36 inchi (0,9 m), tetapi beberapa pengguna mungkin perlu mencetak pada kertas dengan ukuran 44  inchi 1.1m).
  • Kualitas aplikasi : Jika hanya mencetak aplikasi atau dokumen dengan, garis-garis  dan tulisan (font) yang kecil dan rumit, anda butuh mesin yang bisa mencetak dengan akurat dan detil dan jelas. Untuk aplkasi ini biasanya cukup dengan  mesin dengan hasil resolusi 300 dan 600 dpi sudah. Sementara untuk aplikasi graphic dan fotografi dibutuhkan  resolusi yang lebih besar, minimal  600 x 1200 dpi.
  • Media handling:  kalau anda menggunakan berbagai jenis media yang berbeda, sangat penting menggunakan mesin yang bisa mengakses  beberapa roll media secara simultan. Coba lihat seberapa mudah memasang medianya. Beberapa printer menawarkan kemudahan pada pemasangan media. Misalnya, bisa memasang media pada roll lain sementara proses cetak sedang berlangsung. Lihat juga bagaimana mesin meletakkan hasil cetak,  apakan dalam keranjang atau hanya ditumupk begitu saja, atau lainnya. Kemampuan mesin  yan gana butuhkan adalah fungsi dai jumlah cetak yang anda lakukan dan berapa banyak user yan gakan mengirim file (kerjaan) pada printer yang sama.
  • Volume &  produktivitas grup kerja :  kalau di tempat anda memproduksi cetak dan scandalam jumlah besar, pastikan printer yang  anda pilih dapat mengakomodasi volume arus kerja yang tinggi pula. Karena bila tidak hal ini akan menghambat produktivitas.
  • Persoalan yang akan muncul dalam cetak mencetak  biasanya seperti menunggu file besar ketika akan dicetak, mengatur antrian pekarjaan, mengganti consumale (seperti tinta), mengitung biaya, menjaga dokumen yang sensitif. Oleh karena itu pastikan wide format inkjet printer yang anda pilih bisa mengatasi mesalah-masalah tersebut.
  • Kemampuan multifungsi : carilah printer yang mempunyai kemampuan multifungsi seperti print, scan, dan copy sekaligus . Ini akan memudahkan ketika bisnis anda semakin besar.

Khusus untuk percetakan  yang sering meng-outsource-kan pekerjaan cetak untuk ukuran yang lebih besar dari 8,5 x 14 inchi, seperti CAD drawing, foto, poster, banner dan cetak ukuran besar lainnya, akan lebih menguntungkan dengan memiliki mesin large format sendiri.

Mudah-mudahan pertimbangan-pertimbangan di atas akan dapat membantu anda menentukan mesin yang cocok bagi bisnis anda.

www.oceusa.com